Breaking News

Saturday, October 17, 2015

Hati-hati Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh

Pagi sobat, kali ini Al Blog akan berbagi Informasi Teknologi yaitu Hati-hati Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh untuk sobat semua setelah sebelumnya saya posting artikel mengenai Bikin Heboh Aplikasi Narkoba Digital ini Bisa Bikin Sakau. Pengguna perangkat Apple pasti sudah tidak asing lagi dengan Siri, asisten virtual yang ditujukan khusus untuk pengguna iPhone dan iPad. Namun, mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Siri ternyata dapat diretas dari jarak jauh.

Ilustrasi Siri dan Google
Ilustrasi Siri dan Google

Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh

Dikutip informasi dari halaman Wired, Sabtu (17/10/2015), dua peneliti dari ANSSI, badan pemerintah Prancis yang ditujukan untuk keamanan informasi menemukan bahwa gelombang radio dapat digunakan secara diam-diam untuk mengaktifkan Siri di iPhone termasuk Google Now di smartphone Android. Peretasan tersebut dapat dilakukan dengan syarat smartphone target sedang terhubung dengan earphone atau headphone yang memiliki mikrofon.

Dengan menggunakan kabel earphone sebagai antena, hacker dapat memanfaatkan kawat sebagai jalur untuk mengonversi gelombang elektromagnet secara diam-diam menjadi sinyal listrik yang kemudian dapat dianggap sebagai audio yang keluar dari mikrofon pengguna oleh sistem operasi.

"Melalui cara seperti ini, seorang hacker tanpa perlu berbicara atau mengeluarkan suara apapun dapat menggunakan serangan radio untuk memberitahu Siri atau Google Now agar membuat panggilan dan mengirim teks, termasuk membuka situs tertentu yang berisi malware dan mengirim pesan spam melalui email, Facebook, atau Twitter," ungkap dua peneliti tersebut dalam laporan penelitiannya.

Bahkan, dalam laporan itu juga diungkapkan bahwa seseorang bisa meretas smartphone pengguna melalui Siri atau Google Now dari jarak 16 kaki atau sekitar 4 meter.

Namun, diakui dua peneliti ini bahwa cara tersebut masih memiliki kekurangan yaitu hanya dapat dilakukan pada smartphone yang tersambung dengan earphone atau headphone. Selain itu, pengguna masih bisa mengetahui bahwa ada perintah yang tidak dikenal dan dapat membatalkannya.

Kedua peneliti tersebut juga mengungkapkan bahwa sudah memberitahukan hasil penelitian mereka ke Google dan Apple sekaligus merekomendasikan beberapa perbaikan.

Salah satunya adalah dengan melindungi kabel earphone dan headphone untuk menghindari serangan menggunakan sinyal radio atau dengan menggunakan fitur pengenalan suara. Dengan demikian, Siri dan Google Now hanya dapat mematuhi perintah dari suara yang sudah dikenalnya.

Itulah informasi terbaru mengenai Hati-hati Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh yang dapat saya informasikan buat sobat semuanya dimanapun berada, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan tetap selalu nantikan update berita terbaru setiap harinya.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Al Blog - Blog Tutorial

Al-Blog Sobat sedang membaca artikel tentang Hati-hati Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

No comments:

Copy@right 2014 | Al blog | Gundam Army | Komikus Kampus