Breaking News

Tuesday, March 11, 2014

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3

Al Blog - selamat siang teman-teman, kalau artikel sebelumnya membahas teknik animasi dasar Teknik Frame by Frame Adobe CS3. sekarang yang akan kita bahas adalah teknik motion tween adobe flash cs3.

sedikit mengingatkan tentang teori animasi dasar ada beberapa bagian yaitu :

a. Frame by Frame
b. Motion Tween
c. Motion Shape
d. Motion Guide
e. Masking



tampilan awal Adobe Flash CS3
tampilan awal Adobe Flash CS3

teknik motion tween pada dasarya kita hanya akan membuat beberapa titik saja untuk membuat animasi yang lebih halus dari teknik sebelumnya yaitu teknik frame by frame. teknik ini memerlukan bantuan dari software adobe flash itu sendiri, karena dalam proses pembuatannya adobe flash cs3 akan membantu membuatkan animasi secara otomatis setelah proses setingan motion tween sudah dilakukan. langsung saja, buka file baru dengan menekan CTRL + N

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
buat image pada frme pertama


kemudian buatkan sebuah objek, misalnya saja objeknya berbentuk kotak pada frame pertama,
agar objek yang kita buat tersebut mendapatkan animasi secara otomatis ada syarat yang harus dipenuhi. yaitu objek tersebut harus diconvert menjadi symbol.

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
klik kanan pilih convert to symbol


caranya dengan mengklik kanan objek tersebut kemudian pilih convert to symbol atau bisa dengan shortcut F8.


kemudian akan muncul panel symbol seperti dibawah ini, kemudian pilih movie clip dan jangan lupa memberi nama symbol tersebut dengan bentuk objek misalnya "kotak".

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
pilih movie clip


jika objek kotak tersebut sudah ada sebuah titik putih saat kita seleksi objek tersebut berarti objek tersebut sudah berhasil dibuat.
Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
image yg sudah menjadi symbol

selanjutnya akan kita buat objek tersebut pada frame yang akan kita tentukan akan kemana objek tersebut akan kita gerakkan. pada dasarnya seperti teknik frame by frame hanya saja pada teknik motion tween ini kita tidak harus membuat objek pada banyak frame hanya beberapa titik saja.

misal akan kita buat objek tersebut pada frame ke 20 agar objek bergerak tidak terlalu cepat. seperti teknik frame by frame, silahkan klik kanan pada frame20 kemudian pilih insert keyframe. kemudian tarik/geser kotak kearah yang berbeda dari letak objek pada frame1 tadi.

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
klik kanan pilih insert keyframe


kemudian setelah 2 frame sudah kita buat. agar teknik ini berjalan selanjutnya klik pada frame yang berada di tengah antara frame1 dan frame20 yang sudah kita buat tadi, kemudian klik kanan pilih create motion tween.

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
klik kanan pilih create motion tween

jika pada frame yang kita seting tadi ada gambar seperti panah maka teknik motion tween sudah berhasil dibuat. kemudian tekan CTRL + Enter untuk mencobanya.

teknik motion tween ini bisa dikembangkan dengan banyak objek, namun ada syarat lain jika teknik ini dibuat untuk objek yang banyak yang ingin kita beri animasi. maka 1 objek hanya berlaku untuk 1 layer saja. jika dalam 1 layer ada 2 objek yang kita buat symbol dan kita beri animasi maka objek itu akan menyatu saat kita jalankan.

Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3
setelah diberi motion tween

sekian artikel teknik motion tween adobe flash cs3 ini saya tulis, semoga bisa membantu teman-teman semua.

tinggalkan comment, setelah membaca ya.

terimakasih

Ditulis Oleh : Unknown ~ Al Blog - Blog Tutorial

Al-Blog Sobat sedang membaca artikel tentang Teknik Motion Tween Adobe Flash CS3. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

No comments:

Copy@right 2014 | Al blog | Gundam Army | Komikus Kampus